Ada Cerita Menarik Tentang Tradisi Bakar Batu di Papua

Bakar batu? Di benak kita pasti adalah batu yang akan dibakar atau telah dibakar bukan? Dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun ternyata bayangan kita selama ini belum benar saja. Coba Anda bayangkan apa ituTradisi Bakar Batu itu?


Tradisi Bakar Batu ini ternyata adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Papua yang tidak sembarangan dilakukan. Mereka sering menyebut Tradisi Bakar Batu ini adalah “Barapen”. Tradisi Bakar Batu atau “Barapen” adalah tradisi sebagai persaudaraan, ucapan rasa syukur dan tradisi ini juga ternyata digunakan sebagai prosesi untuk upacara kematian bagi masyarakat Papua yang telah meninggal dunia.

Perlu melakukan beberapa tahapan ternyata untuk melakukan kegiatan ini. Pertama-tama, kita perlu menyediakan bahan makanan (seperti ubi-ubian, daging, dan lain-lain) yang akan dimasak melalui tradisi bakar batu tersebut. Setelah menyediakan bahan makanan tersebut. Selanjutnya, kita menggali tanah sampai dalam. Setelah tanah itu dilubangi sampai dalam, kita taruh daun-daun yang bisa dijadikan alas untuk bakaran tersebut (daun pisang misalnya, ataupun daun-daun lainnya yang bisa dijadikan alas untuk bakar batu-batu tersebut). Lalu, di atas daun pisang ini, dimasukkanlah batu-batu dari ukuran yang terbesar ditaruh paling bawah, batu kecil ditaruh di atas batu besar tersebut. Kemudian, tumpukan batu-batu kecil itu ditambahi dengan kayu-kayu bakar.

Setelah batu dan kayu dikumpulkan menjadi satu di atas alas daun pisang tersebut, dilakukanlah proses pembakaran untuk memanaskan batu-batu yang terkumpul tersebut. Saat batu-batu ini panas, maka ditaruhlah makanan-makanan mentah yang sudah disediakan sebelumnya.
Tradisi Bakar Batu atau “Barapen” inilah yang sering dilakukan oleh masyarakat Papua sebagai tali persaudaraan, ucapan rasa syukur, dan prosesi upacara kematian. Ketahuilah, batu-batu ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat bermanfaat bagi Papua. Masyarakat Papua saja bisa menjadikan batu-batu ini sebagai Tradisi Bakar Batu atau Barapen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s