Sekilas Cerita Tentang Kacang-kacangan di Papua

Tahukah Anda bahwa di Papua ini menghasilkan kacang-kacangan lalu tumbuhan ini dikonsumsi bagi masyarakat Papua? Mungkin kita tidak menyadari bahwa di sekeliling kita tumbuh pepohonan yang bermanfaat untuk kita konsumsi sehari-hari. Namun, kita tak peduli pada tumbuhan-tumbuhan yang bisa dimakan ini. Kita justru berbeda dengan masyarakat Papua yang bagi kita mereka pintar sekali menjadikan tumbuhan itu sebagai makanan.

Tidakkah kita bisa melihat, meskipun tak ada secuil beras, mereka justru lebih pandai mencari makanan pengganti beras  misalnya saja seperti kacang-kacangan ini. Orang-orang Papua pertama di dataran tinggi, hidup dengan mengumpulkan tumbuhan yang dapat dimakan dan berburu sebelum mulai menanam umbi.
Sejumlah pohon pastinya menghasilkan kacang-kacangan yang bisa kita konsumsi. Makanan seperti ini sangat berharga sekali bagi masyarakat Papua. Maka dari itulah, semua tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di Papua ini, bisa dijadikannya sebagai bahan makanan mereka sehari-hari. Misalnya saja pada sumber makanan yang berharga bagi orang-orang Papua pertama yang menetap di hutan-hutan dataran tinggi.

Sampai sekarang ini, kacang-kacangan masih menjadi sumber protein.  Kegiatan bercocok tanam oleh orang-orang Papua difokuskan pada penamaan kacang-kacangan seperti ubi jalar dengan cara membersihkan kawasan di sekitar hutan.
Jenis tanaman umbi ini tumbuh dengan baik pada ketinggian yang rendah, di bawah 1700 meter dari permukaan laut. Sebelum umbi ini dibudidayakan, ternyata ubi jenis ini menjadi suatu komoditas penghasil tepung utama bagi orang Papua di dataran tinggi. Saat ini, ubi jalar kerap dijadikan sebagai bahan makanan yang dianggap untuk orang-orang yang kelaparan saja.

Leave a comment